Tips Jitu Pencegahan Kurang Darah

kekurangan zat besi
kekurangan zat besi

Bagaimana cara jitu untuk mencegah kurang darah? Kurang darah merupakan kondisi yang terjadi disaat tubuh kalian kekurangan sel darah merah. Sel darah merah memiliki peran khusus untuk membawa suplai nutrisi dan oksigen ke semua sel, jaringan, dan organ tubuh agar dapat berfungsi maksimal. Ketika kalian kekurangan darah merah, ini bisa berdampak ke gejala Kurang darah seperti mendadak cepat lelah dan gampang lemas, kulit pucat, juga nafas menjadi susah. Lantas, harus melakukan apa agar kita tidak mengalami Kurang darah?

Saat kalian didagnosis kurang darah ini dikarenakan tubuh kalian tidak mendapatkan cukup darah yang mengandung banyak oksigen. Dampaknya, kalian bisa saja merasa cepat lelah, serta mudah pusing atau juga sering sakit kepala. Setiap jenis kurang darah mempunyai gejala yang dapat mengganggu aktivitas shari-hari kalian, malahan bisa menyebabkan komplikasi kurang darah. Walaupun ada banyak pilihan pengobatan untuk kurang darah, pencegahan kurang darah tentu saja sangat jauh lebih baik daripada mengobatinya.

Berikut merupakan contoh langkah pencegahan Kurang darah yang dapat kalian lakukan dengan mudah.

1. Makan makanan kaya zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan tubuh, berfungsi menghasilkan hemoglobin pada sel darah merah. Hemoglobin merupakan zat yang memberikan warna merah dan membantu sel darah membawa oksigen untuk seluruh tubuh kalian. Karena itulah, dengan memperbanyak makan makanan yang kaya akan zat besi merupakan salah satu usaha pencegahan dari kurang darah yang sangat mudah untuk dilakukan. Macam-macam makanan yang kaya akan zat besi, adalah:

  • daging non-lemak,
  • telur unggas,
  • segala sayuran hijau,
  • sereal yang mengandung banyak zat besi.

2. Mengonsumsi  vitamin B12

Langkah lain yang dapat mencegah Kurang darah adalah dengan memakan makanan yang mengandung tinggi vitamin B12. Vitamin B12 merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan pada saraf, memproduksi DNA, dan memiliki peran penting dalam pembuatan sel darah merah yang baik dan sehat.

Sumber vitamin B12 bisa kalian dapat dengan mengonsumsi makanan, seperti:

  • hati hewan sapi dan ayam,
  • kerang laut,
  • ikan,
  • daging,
  • telur, dan juga
  • susu yang diperkaya kandungan B12

3. Memakan makanan yang mengandung asam folat

Asam folat (vitamin B9) berfungsi supaya tubuh dengan mudah membuat sel-sel yang baru, termasuk juga sel darah merah baru agar dapat membuang sel darah merah mati. Sebab itu, asam folat termasuk nutrisi yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kurang darah.

Makanan yang memiliki banyak asam folat bisa kalian konsumsi, seperti:

  • sayuran yang berdaun hijau,
  • buah jeruk,
  • kacang-kacangan,
  • sereal,
  • nasi, dan
  • pasta.

4. Dengan Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Memperbanyak mengonsumsi makanan atau buah yang mempunyai kandungan vitamin C bisa menjadi cara yang jitu untuk mencegah kurang darah secara alami.  Orang dewasa setidaknya membutuhkan 75 mg vitamin C perharinya agar dapat menjaga kesehatan sel darah dan peran tubuh lainnya tetap bekerja dengan baik. Vitamin C berguna dalam penyerapan zat besi pada usus halus. Inilah alasan mengapa orang yang kekurangan vitamin C berisiko terkena kurang darah.

5. Berhenti meminum alkohol

Minuman yang dapat memabukkan dinilai bisa menurunkan produksi sel darah merah pada sumsum tulang. Ini dikarenakan alkohol menjadi penyebab nutrisi dari makanan lain tidak bisa diserap tubuh. Nutrisi akan sangat banyak berkurang karena meminum alkohol pada umumnya merupakan vitamin B12 dan juga asam folat. Padahal, vitamin B12 dan asam folat sangat baik untuk memproduksi sel darah merah. Karena itulah, segeralah berhenti minum alkohol sebagai salah satu langkah yang baik untuk mencegah kurang darah.

Itulah makanan yang bisa membantu kalian untuk terhindar dari anemia atau kurang darah jika dengan memakan makanan yang ada di atas kalian tetap merasakan gejala kurang darah bisa di tambah dengan suplemen untuk membantu penambah darah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *