Racikan Obat Penambah Darah Alami

kekurangan zat besi
kekurangan zat besi

Selain makanan, kamu juga bisa mengatasi penyakit anemia dengan cara meminuman penambah darah. Tahukah kamu bahwa kurang darah atau biasa disebut dengan anemia ini tergolong dalam kategori penyakit berbahaya? Alhasil, sel-sel dalam tubuh tidak memperoleh cukup oksigen yang disebabkan karena kekurangan darah merah. Oleh karena itu, wajah penderita anemia akan terlihat pucat dan badan pun menjadi lebih mudah lelah, anemia juga tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, kekurangan darah dapat menjadi fatal ketika diabaikan. Tidak sedikit kasus kematian di luar sana yang telah disebabkan oleh penyakit anemia. Apabila kamu sedang terjangkit penyakit yang sama, jangan khawatir, berikut adalah beberapa contoh racikan minuman penambah darah efektif yang bisa kamu buat sendiri di rumah!

1. Jus Kurma, Minuman Penambah Darah

Kurma sudah terbukti jika memiliki beragam kegunaan untuk kesehatan tubuh. Buah yang disukai oleh nabi ini tumbuh dari pohon palem Timur Tengah, kurma ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Buah-buahan cocok untuk dikonsumsi untuk para penderita kurang darah merupakan buah yang memiliki kandungan kalori tinggi.

Berikut adalah cara mengolah jus kurma

Jika anda ingin mengkonsumsi racikan ini dengan rasa yang lezat anda bisa Blender sesendok madu, 150 gram kurma, dan 4 atau 5 gelas air dingin. Minumlah racikan ini dua hari sekali untuk menghasilkan efek yang lebih maksimal.

2. Jus Buah Bit     

Buah bit memiliki kandungan yang tinggi akan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan untuk menambah sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Darah rendah dapat diobati dengan cara mengkonsumsi buah bit secara rutin, buah bit sendiri juga bisa membuat kulit menjadi lebih segar.

Berikut ada sebuah cara untuk mengolah jus buah bit dengan mudah:

  • Potong 1 buah bit dan 1 wortel menjadi potongan kecil-kecil
  • Cmpur dengan 1 gelas air, lalu blender hingga mencair.
  • Hidangkan jus buah bit dengan beberapa bongkah es agar lebih lezat.

3. Kopi

Jika kamu tidak begitu minat dengan rasa buah bit yang masam dan rasanya yang agak pahit, kamu bisa mengubahnya dengan kopi. Kopi dikenal sebagai minuman yang bisa mengurangi rasa kantuk, tetapi khasiat yang ada dalam kopi juga berfungsi bagi pengidap kekurangan zat besi. Kandungan kafeina yang ada di dalam kopi dapat menetralkan jumlah darah merah yang ada di dalam tubuh. Namun, kamu juga harus bisa mengurangi untuk mengkonsumsi kopi. Terlalu banyak meminum kopi bisa berdampak fatal, seperti serangan jantung atau gagal ginjal. Kurangi mengkonsumsi kopi maksimal 2 cangkir seminggu saja.

4. Jus Delima Putih

Salah satu gejala kurang darah adalah rasa pusing. Rasa pusing ini dapat timbul ketika kamu beraktivitas terlalu berat, atau saat badan kekurangan zat besi. Buah delima putih memiliki kandungan yang tinggi akan zat besi, zat besi juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit anemia.

Berikut cara mengolahnya:

  • Sisihkan 150 gram daging buah delima putih menggunakan kain kasa.
  • Buang ampas dan imbuhi 2 sdm air jeruk nipis, segelas air dingin, dan 1 sdm madu.
  • Blender racikan obat anemia hingga halus.
  • Minum racikan ini cukup dengan sekali dalam seminggu.

Jadi jika racikan dirasa tidak dapat membuat keadaan Anda membaik ada baiknya jika kalian meminum suplemen penambah darah agar bisa membantu menambah darah Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *