Penyebab Anemia dan Cara Pencegahannya

anemia, kurang darah, kekurangan zat besi,
anemia, kurang darah, kekurangan zat besi,

Tahukah kalian apa penyebab dari kurang darah? Simak artikelnya di bawah ini. Kurang darah tidak termasuk jenis penyakit melainkan kondisi medis, kurang darah merupakan kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah atau juga bisa terjadi di saat sel darah merah tidak bisa berfungsi secara normal. Kondisi seperti ini mengakibatkan organ yang ada di dalam tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup dan membuat penderita kurang darah atau anemia jadi terlihat pucat dan sangat mudah lelah. Gejala awal dari kurang darah dapat terjadi sementara atau dalam jangka waktu yang lama, kurang darah merupakan kelainan hematologi yang disebabkan saat jumlah sel darah merah yang memikat oksigen jauh di bawah batas normal.

Tanda-tanda jika kalian menderita kurang darah yaitu secara tiba-tiba tubuh kalian terasa mudah lelah, detak jantung tidak teratur, sering mengalami pusing dan rasa mengantuk ketika setelah makan. Tetapi secara umum penyebab terjadinya kurang darah adalah kurangnya produksi dari sel darah merah dan hancurnya sel darah merah secara cepat. Kurang darah juga memiliki berbagai macam varian berdasarkan penyebabnya, yaitu:

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin. Kondisi seperti ini bisa terjadi dikarenakan kurangnya kandungan zat besi pada makanan yang kalian konsumsi atau karena tubuh tidak mampu menyerap zat besi yang disebabkan oleh suatu penyakit.

  • Kurang Darah Aplastik

Kurang darah yang satu ini terjadi saat adanya kerusakan dibagian tulang sumsum akibatnya tubuh tidak bisa lagi membuat sel darah merah yang bagus. Kondisi seperti ini juga bisa disebabkan dari infeksi, efek dari zat kimia beracun dan pengaruh dari obat antibiotik seperti paracetamol.

Hal ini bisa saja terjadi saat sel darah merah mengalami penghancuran lebih cepat dari pada proses produksinya. Kondisi ini dapat disebabkan karena faktor genetik atau juga bisa karena penyakit bawaan mulai lahir seperti kanker darah, infeksi dari virus dan juga efek samping dari obat-obatan.

  • Thalasemia

Di sebabkan dari mutasi gen yang mempengaruhi produksi hemoglobin. Seseorang bisa saja mengalami hal ini jika orang tua penderita mengalami hal yang sama.

Kapankah Kalian Harus Ke Dokter? Segera periksakan ke dokter jika kalian mengalami gejala kurang darah karena semakin lama akan semakin buruk. Jika kalian termasuk penderita kurang darah yang membutuhkan pengobatan secara rutin atau bahkan butuh transfusi darah maka konsultasikan dengan dokter secara teratur agar tetap terpantau perkembangan dari darah kalian.

Langkah awal pencegahan kurang darah adalah meminum suplemen penambah darah bisa juga dengan meminum suplemen yang mengandung vitamin B12, Zat Besi, Asam Float dan jenis lainnya. Lakukan Tranfusi darah jika dirasa semakin parah. Maka dari itu, perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi, asam float, Vitamin B12 seperti sayuran, kacang-kacangan, daging, sereal dan meminum suplemen penambah darah secara teratur.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *