Minuman Lezat Pencegah Anemia

kekurangan zat besi
kekurangan zat besi

Kalian bingung jus buah apa yang baik untuk pencegahan kurang darah? Simak artikelnya berikut ini. Kurang darah bisa terjadi saat tubuh kita kekurangan sel darah merah. Ketika tubuh kita tidak mampu memproduksi sel darah merah yang cukup, nantinya dapat menimbulkan beberapa gejala awal anemia. Pada umumnya, badan jadi cepat lemas, kulit wajah menjadi pucat, dan kepala sering pusing. Penyebab kurang darah dapat terjadi oleh beberapa hal. Seperti, terlalu banyak mengeluarkan darah akibat dari cedera kecelakaan, atau karena terdapat pendarahan di dalam tubuh.

Kurang darah juga bisa terjadi disaat produksi sel darah merah tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Biasanya ini dikarenakan kekurangan zat besi, vitamin B12, dan juga asam folat. Karena itulah, ketika mengalami kurang darah, sangat dianjurkan untuk kalian agar mengonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi seperti zat besi, vitamin B12 dan bisa juga asam folat. Bertujuan, agar tubuh bisa mengatur dan memproduksi sel darah secara maksimal. Akan tetapi selain makanan, minuman juga bisa menjadi upaya untuk pencegahan dari kurang darah, berikut merupakan minuman yang bisa kalian coba untuk membantu mengatasi kurang darah di rumah.

1. Minum Jus Jeruk Secara Rutin

Jus jeruk bisa menjadi minuman yang dapat membantu mencegah kurang darah akibat dari kekurangan zat besi. Mengonsumsi 63 miligram asam askorbat atau vitamin C pada jus jeruk, berfungsi mempercepat penyerapan zat besi sampai tiga kali lipat. 

Jadi vitamin C ini telah dipercaya dapat membantu proses menyerapnya zat besi pada tubuh. Zat besi akan menjadi bahan utama dari hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi jus jeruk harus secara rutin harus diimbangi dengan makan makanan yang memiliki zat besi seperti kacang-kacangan, sereal, atau sayuran berdaun hijau, ya. Nantinya, kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak dari makanan lainnya. 

Setiap satu cangkir jus jeruk segar tanpa gula mengandung 124 miligram vitamin C yang bisa memenuhi 100 persen kebutuhan harian orang dewasa. Jus jeruk juga merupakan minuman yang bisa dikonsumsi ketika mengalami kekurangan zat besi karena kekurangan folat. Setiap cangkir jus jeruk memiliki 74 mikrogram asam folat. Jumlah ini mencukup 19 persen dari kebutuhan asam folat harian orang dewasa.

2. Minum Jus Wortel

Menurut Linus Pauling Institute, Amerika Serikat banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin A karena dapat membantu mengatasi anemia defisiensi zat besi. Ini karena vitamin A membantu mengolah zat besi yang disimpan dalam tubuh untuk menjadi sel darah merah. Lantas, kenapa tak coba bisa minum jus wortel untuk mengatasi anemia? Ya, Sayuran berwarna oranye ini terkenal mengandung vitamin A tinggi karena kandungan karotenoidnya. Minum satu cangkir jus wortel setiap hari mengandung 45.133 IU vitamin A yang baik untuk tubuh. 

 

3. Jus Prune (Plum Kering)

Jus prune atau kismis (yang terbuat dari plum) memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Minum jus ini secara teratur dapat membantu Anda mengatasi gejala anemia dengan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Setiap satu cangkir porsi jus prune mengandung lebih dari 3 miligram zat besi. Untuk pria dewasa, jumlah ini akan memasok sekitar 38 persen kebutuhan harian zat besi. Sedangkan untuk wanita, minum secangkir jus prune dapat memenuhi 17 persen kebutuhan zat besi harian. 

4. Smoothie Tofu

Tidak hanya sebagai bahan utama dari tumisan lezat atau menu sapo tahu yang terkenal, tofu juga dapat dihaluskan dan dikonsumsi sebagai minuman untuk mengatasi anemia. Pasalnya, dalam takaran ⅓ gelas tofu saja sudah mengandung 2 miligram zat besi! Tofu bisa jadi salah satu alternatif, kok, boleh dikukus dulu sebelum di-blend, kalau mentah biasanya rasanya nggak enak juga, kan. Tofu boleh dimasak dengan sayuran atau bahan lain, bahkan dicampur jadi smoothies. Agar lebih segar, campur tofu atau tahu sutra dengan buah beku seperti blueberry dan stroberi. Tambahkan pemanis seperti madu supaya rasanya semakin lezat. 

5. Minum Susu

Penderita anemia yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B12 dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui susu. Setiap satu cangkir sajian susu rendah lemak, mengandung satu mikrogram vitamin B12 atau hampir memenuhi setengah porsi angka kecukupan gizi harian orang dewasa. Untuk para vegan, vegetarian, dan penderita intoleransi laktosa, bisa minum susu dari sumber nabati untuk bantu mengatasi anemia. Ini karena secangkir susu kedelai saja kira-kira juga sudah bisa mencukupi 50 persen vitamin B harian. Itulah beberapa minuman yang dianjurkan untuk kalian konsumsi karena sangat ampuh dalam mencegah kurang darah pada tubuh. Jika dirasa dengan meminum minuman di atas tidak kunjung sembuh, kalian dapat menambahkan suplemen penambah darah atau vitamin penambah darah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *