Minuman Ampuh Untuk Obat Anemia

kekurangan zat besi
kekurangan zat besi

Pernahkah Anda menderita tentang penyakit Anemia? Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan darah dalam tubuh. Cara mengatasi penyakit anemia ini yaitu dengan mengkonsumsi makanan, minuman dan suplemen. Asupan gizi yang harus terkandung dalam makanan, minuman ataupun suplemen harus mengandung vitamin B12, zat besi dan asam folat. Minuman yang dapat dikonsumsi untuk menambah jumlah darah dalam tubuh diantaranya adalah susu, jus semangka, jus stroberi dan jus wortel.

Anemia atau kekurangan darah merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah. Hal ini kemungkinan besar dapat disebabkan karena pendarahan, kekurangan sel darah merah atau mengalami kerusakan pada sel darah yang telah di produksi oleh tubuh.

Minuman yang digunakan untuk menambah darah umumnya terbuat dari buah yang mengandung zat besi dan vitamin yang dapat membantu penyerapan zat besi tersebut. Contoh minuman penambah darah antara lain ,yaitu:

1. Jus Wortel

Dalam jus wortel mengandung zat besi yang berguna untuk membantu produksi sel darah merah pada tubuh. Selain zat besi, jus wortel juga mengandung vitamin A. Vitamin ini sangat berguna dalam menyembuhkan anemia. Vitamin A memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh yaitu dapat memberdayakan zat besi yang disimpan di dalam tubuh untuk bergerak ke pusat pembuatan sel darah merah.

Saat tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin A, maka gejala kurang darah yang disebabkan oleh kekurangan zat besi akan semakin parah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi anemia yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, sebagai contoh adalah jus wortel seperti yang sudah disebutkan di atas.

2. Jus Bayam

Bukan hanya buah-buahan yang dapat membantu mengatasi anemia. Sayuran hijau seperti bayam juga bisa menjadi sumber zat besi yang dapat membantu mengatasi penyakit kekurangan zat besi. Jus bayam bagi sebagian besar orang mungkin tidak terdengar menarik. Jika Anda termasuk ke dalam kategori orang yang tidak tertarik dengan jus sayur murni, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi jus bayam dengan cara menambahkan buah-buahan seperti jeruk, semangka dan stroberi. Dengan mencampurkan buah-buahan tersebut, maka rasa jus yang Anda minum akan semakin segar dan nikmat.

3. Jus Alpukat

Jus alpukat kaya akan mineral copper atau tembaga. Mineral copper merupakan mineral yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan zat besi yang tersimpan di dalam tubuh. Saat kekurangan mineral tembaga, maka tubuh akan kesulitan untuk menyerap zat besi ke dalam darah. Oleh karena itu jus alpukat direkomendasikan untuk mengatasi anemia.

Itulah beberapa minuman yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi anemia. Apabila dalam mengkonsumsi minuman penambah darah kurang memuaskan, Anda dapat mengonsumsi suplemen penambah darah sebagai pelengkap.

            Suplemen penambah darah sangat berguna apabila Anda mengidap penyakit anemia yang sudah parah. Pada umumnya suplemen penambah darah mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini karena suplemen penambah darah mengandung vitamin B12, zat besi dan asam folat. Dalam mengkonsumsi suplemen penambah darah Anda harus pergi ke dokter terlebih dahulu, untuk berkonsultasi dan mengetahui dosis yang tepat untuk tubuh Anda. Suplemen penambah darah dapat berfungsi dengan baik apabila Anda mengkonsumsi dengan dosis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *